Kerjasama antar parlemen, membantu memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Romania

Liputan6.com, Jakarta Duta Besar Rumania dan Adrian Balanescu mengunjungi kantor Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI (BKSAP), Fadli Zon. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak menekankan peningkatan kerja sama antar parlemen. Fadli bahkan berharap Parlemen Rumania bisa melakukan kunjungan resmi ke DPR RI.

“Kami berharap parlemen Rumania segera mengunjungi parlemen kami di Jakarta sebagai kunjungan timbal balik kedua lembaga. Saya berharap kerja sama antara parlemen Indonesia dan parlemen Rumania dapat semakin meningkat di masa depan. Saya yakin jika kerja sama antara parlemen Rumania kedua negara ini kuat, kuat juga akan ada hubungan bilateral antara Indonesia dan Rumania,” kata Fadli, Selasa (5/7) di ruang delegasi Nusantara III, Senayan, Jakarta.

Kedekatan hubungan DLR RI dengan Parlemen Rumania terlihat melalui Kelompok Persahabatan Parlemen antara kedua lembaga tersebut.

Saya mencatat, Kelompok Persahabatan Parlemen (GKSB) mengunjungi Bukares pada tahun 2022 dan secara rutin bertemu dengan Yang Mulia untuk membahas hubungan bilateral kita, kata Fadli.

Selain itu, ikatan yang kuat juga terlihat dari komitmen bersama antara Indonesia dan Rumania untuk menjadi mitra strategis dan dukungan di forum internasional. Kerja sama antara parlemen Indonesia dan Rumania berperan penting dalam mendorong kontak antar masyarakat antara Indonesia dan Rumania.

Hubungan bilateral Indonesia dan Rumania memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tahun 1950. Pada tahun 2024, Indonesia dan Rumania akan memperingati 74 tahun hubungan bilateral. Secara historis, hubungan bilateral kedua negara telah berkembang sejak kepemimpinan presiden pertama Sukarno.

Quoted From Many Source

READ  Infografis jadwal pertemuan Megawati dan tokoh politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *