Sehari menjelang Ramadhan, harga kebutuhan pokok di Sumut naik tajam

banner 468x60


banner 336x280

Harga cabai merah di pasaran berkisar antara 70.000 hingga 85.000. Padahal harga 70 ribu kualitasnya lebih rendah dibandingkan harga 85 ribu per kg. Selain cabai merah, kenaikan harga cabai rawit juga terpantau berkisar 45-50 ribu per kg.


Sementara harga daging sapi di pedagang besar mengalami kenaikan kurang lebih 2 ribu. per kg. Namun di tingkat eceran, harga daging sapi relatif tidak mengalami perubahan. Harga daging sapi masih diperdagangkan pada kisaran 120 hingga 135 ribu per kg. Kalau ada temuan kenaikan harga, saya kira itu relatif dan sementara.

Kenaikan beberapa komoditas, khususnya pangan hortikultura, terjadi karena petani tidak banyak bekerja di sawah pada hari Minggu. Jadi wajar jika harga naik. Sementara itu, ekspektasi bahwa awal Ramadhan akan jatuh pada hari Senin juga telah mengurangi pasokan banyak pangan hortikultura, meskipun sisi permintaan masih tinggi pada awal pekan ini.

Sementara itu, sejumlah harga pangan lainnya terpantau bergerak stabil. Harga daging ayam masih dijual pada kisaran 36 hingga 40 ribu per kg. Peningkatan permintaan terlihat dalam 2 hari terakhir, padahal harga ayam sangat mahal. Telur ayam juga masih stabil setelah tumbuh pada bulan Februari.

Harga minyak goreng curah dan gula pasir juga masih stabil. Minyak greng curah dijual sekitar 16-17 ribu per kg dan gula pasir sekitar 18 ribu per kg. Sementara itu, harga beras juga terpantau bergerak stabil. Meski dari pantauan di lapangan, harga gabah kembali naik menjadi sekitar 6.300 per kg gabah kering panen (GKP).artikel dengan logo berita rmol



Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *